Saturday, July 21, 2012

Parung Panjang

Parung Panjang adalah sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Parung Panjang termasuk kecamatan yang cukup luas namun jalur akses kendaraan masih sedikit. Parung Panjang bisa dikatakan sedikit terisolir dari ibu kota Bogor karena posisinya yang jauh dari pusat kota. Parung Panjang berada di perbatasan antara Bogor - Tangerang, sehingga aksesnya pun kalau misalnya mau ke Jakarta, lebih dekat bila melewati Serpong Tangerang.

Penduduk Parung Panjang mayoritas Sunda yang merupakan warga asli, tapi banyak juga warga pendatang karena di Parung Panjang  ada beberapa kompleks perumahan seperti Perumahan Griya dan Perum.  Kesan kebanyakan orang Parung Panjang itu jauh sekali dari pusat kota Jakarta, susah dijangkau. Walaupun jauh dari ibu kota, tapi lumayan bnyk pula para pendatang yang tinggalnya di Parung Panjang tapi  kerja di Ibu Kota. Memang ada benarnya, karena akses transportasi yang masih kurang, paling cepatpun kalau ke Jakarta dengan kereta. Naik kereta adalah pilihan tepat bila datang ke Parung Panjang, karena waktunya bisa lebih cepat dan ongkos perjalanan relatif murah dibandingkan naik kendaraan umum. Tinggal di Parung Panjang terasa tinggal di kampung, udara masih segar dihirup. Di sana juga cukup aman, masyarakat bisa saling berbaur dan rukun.

Jika mau ke Parung Panjang, ada beberapa alternatif transportasi dan jalur yg bisa di lalui.  Seringkali ada yang salah jalan jalan ke Parung Panjang, dikira ke Parung Sawangan Depok, yang sebenarnya masih jauh dari Depok. Kendaraan yang bisa menuju Parung Panjang:
1. Kereta
Naik kereta dari Tanah Abang Tujuan Parung Panjang.
2. Angkutan umum
Bisa lewat Tangerang, Karawaci, Curug, Serpong.

Peta Parung Panjang

No comments: