Friday, July 28, 2017

Table Utama dalam Feeder PDDIKTI

Lewat WS (Web Service) yang sudah disediakan dalam Feeder PDDIKTI, user dalam hal ini Perguruan Tinggi (PT) bisa mengakses struktur database yaitu tabel dan tipe datanya. Tujuan dari WS Feeder adalah untuk memberikan kemudahan bagi user dalam hal ini PT dalam melakukan automasi transformasi data. Automasi transformasi data artinya user dapat membuat aplikasi middleware yang berguna untuk mentransfer data secara otomatis dari Database PT ke Database Feeder.

Apa keuntungannya? Keuntungannya adalah dengan aplikasi middleware WS, proses transfer data dapat dilakukan dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, misalnya User memiliki 100 mahasiswa baru, normalnya data ini diinput manual satu persatu lewat aplikasi Feeder, bisa dibayangkan berapa lama waktu yang digunakan. Kita ambil contoh, seorang User (operator) umpamanya untuk menginput data satu orang mahasiswa membutuhkan waktu 1 menit, maka untuk 100 mahasiswa membutuhkan waktu 1 jam 40 menit. Lalu bagaimana kalau jumlah mahasiswanya 1000 sampai 5000 orang, bisa dihitung sendiri berapa lama.

Namun dengan aplikasi middleware WS, 100 data mahasiswa ini bisa diimport ke database Feeder hanya dalam hitungan menit. Dengan aplikasi middleware WS, dapat diinput langsung ke database dalam jumlah yang banyak. Tetapi tentu sebelum proses transfer yang harus disiapkan adalah staging data. Staging data ini adalah copy table PDPT dengan struktur tabel yang sama, lalu data diinput dalam tabel staging ini. Tentu hal ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang sudah memiliki pengentahuan database. Bagaimana kalau operator adalah orang awam, latar belakang pendidikan bukan dari komputer atau tidak memiliki pengentahuan dalam bidang database, ya tentu harus meminta bantuan IT yang memang memiliki pengentahuan database.
Kalau kita lihat daftar tabel yang ada di Feeder PDDIKTI, saya bisa rangkum hanya menjadi beberapa table utama, yaitu:
-    mahasiswa + mahasiswa_pt
-    dosen + dosen_pt
-    mata_kuliah
-    kelas_kuliah
-    nilai + kuliah_mahasiswa
-    ajar_dosen

Sisanya adalah berupa tabel referensi atau pendukung saja. WS ini sangat-sangat bisa diterapkan bagi PT yang sudah memiliki sistem informasi akademik (SIA), sangat mungkin untuk diintegrasikan. Lalu bagaimana dengan PT yang belum memiliki SIA, apakah bisa menggunakan WS ini? Sebelum saya jawab, masa ia sih hari gini belum memiliki SIA? :) Oklah mungkin saja ada PT yang belum memiliki SIA sama sekali, jadi database akademik masih file based, disimpan dalam file seperti excel, apakah bisa? Ya tentu bisa digunakan, apalagi bila datanya disimpan di file.

Jadi bagi PT yang selama ini menginput manual data di PDPT, mulailah mempelajari bagian ini, karena sangat jauh lebih efektif, menghemat waktu dan tenaga. HCZ.

No comments: