Tuesday, January 23, 2018

Takut Karena Tidak Tau

Banyak orang yang merasa takut dalam kondisi dan tempat tertentu bukan karena ditakuti oleh pihak lain, misalnya dikejar anjing, dikejar sama orang gila, atau dihantui oleh roh dunia, namun rasa takut muncul karena "tidak tau".

Saat di sekolah dulu, bila tugas dari guru belum selesai karena memang tidak tau mau jawab apa, ada rasa takut dan cemas datang ke sekolah, karena ketidak tahuan mau jawab apa sehingga tugas belum selesai, lepas dari segala usaha yang mungkin bisa dilakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Sebelum mengikut ujian kenaikan kelas dan bahkan ujian kelulusan nasional, ada rasa takut karena takut tidak lulus karena tidak mampu menjawab soal-soal ujian karena "tidak tau". Ketika dipanggil oleh perusahaan untuk mengikuti interview lamaran kerja, ada rasa cemas dan takut nanti tidak diterima karena "tidak tau" apa harus dijawab saat interview. Di saat mengajar, ini khusus bagi yang berprofesi sebagai pengajar atau guru atau dosen, di saat masuk ke kelas ada rasa takut nantinya tidak bisa mengajarkan materi karena tidak tau banyak tentang bahan materi yang diajarkan. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Jadi, rasa takut itu disumbangkan oleh ketidak tahuan sesuatu hal. Agar tidak takut maka ketahuilah apa seharusnya diketahui... begitu (ini sedikit mirip kata-kata seseorang motivator kondang yang kisi sudah on air lagi).

No comments: