Friday, February 17, 2012

Seni penamaan dalam pengembangan sistem


Dalam pengembangan sistem sebagai seorang software engineer perlu memperhatikan seni penamaan. Seni penamaan adalah aturan pemberian nama pada object, function,  filename dan sebagainya. Pemberian nama yang baik harus dengan pola tertentu, seragam dan mudah dimengerti. Seni penamaan ini merupakan bagian dari dokumentasi proyek pengembangan sistem. Dalam pengembangan sistem yang besar, developer tentu bukan hanya satu orang saja, tetapi bisa banyak. Sebagai seorang software engineer yang dalam hal ini systems analysts harus memperhatikan seni penamaan ini. Membuat rules (aturan) yang harus diterapkan oleh setiap developer. Sehingga apa yang dibuat oleh satu orang bisa dimengerti oleh orang lain. Keuntungan lainnya, bila developer resign, maka developer baru penggantinya bisa dengan mudah mengerti.

Salah satu contoh, saya temukan sebuah sistem yang cukup besar dan sudah digunakan beberapa tahun. Dalam contoh ini, saya melihat bagaimana mereka memberikan nama pada table dan setiap field. Membuat saya sangat pusing pada awal saya memegang database ini. Sebagai developer baru menurut saya sangat tidak seni, itulah akibat dari dulunya tidak peduli dengan seni penamaan. Result oriented itulah yang sering terjadi "pokoknya jadi dulu, lalu bagaimana nantinya ya nanti saja, itu masalah nanti". Ini konsep yang salah dalam membangun sistem, pemahaman akan jangka panjang harus diperhatikan. 

Berikut adalah table mahasiswa, saya tampilkan beberapa field saja.

Kurang baik
Baik (cara 1)
Baik (cara 2)
Nama table: msmhs
Nama table: msmahasiswa
Nama table: mahasiswa
nimhs
NIM
Nim
Kdfak
KodeFakultas
kode_fakultas
Kdjur
KodeJurusan
kode_jurusan
nofom
NomorFormulir
nomor_formulir
namhs
NamaMahasiswa
nama_mahasiswa
almhs
AlamatMahasiswa
alamat_mahasiswa
ktmhs
KodeMahasiswa
kode_mahasiswa
Kdpos
KodePos
kode_pos
tlmhs
TelponMahasiswa
telpon_mahasiswa
jnkel
JenisKelamin
jenis_kelamin

Contoh table mahasiswa di atas adalah satu dari ratusan table dengan gaya penamaan yang disingkat-singkat. Caranya pun menyingkat tidak ada aturan, sehingga developer barupun pasti pusing apa maksud dari field atau table tersebut. 

Jadi yang perlu diperhatikan dalam pemberian nama yang baik, yaitu:
- Tulis nama dengan jelas dan jangan disingkat
- Bila terdiri dari dua kata atau lebih bisa dipisahkan dengan huruf capital setiap huruf pertama dari setiap kata (cara 1) atau dipisahkan dengan underscore (cara 2)
- Lengkapi dokumentasi atau keterangan setiap table dan field
- Ingat bahwa apa yang dibuat, bisa dimengerti dan digunakan oleh orang lain.

No comments: