Tuesday, November 16, 2010

Setting Domain dari WhoIs ke Server Web Hosting

Ada teman yang memesan domain dan web hosting tidak di tempat yang sama. Biasanya setiap layanan web hosting juga menyediakan layanan untuk memesan domain. Kalau memesan domain di web hosting yang sama biasanya kita tinggal terima jadi, karena semuanya dari pihak web hosting yang mengurus domain dan setingan DNSnya.

Salah satu teman mempunyai web site, pertama dia membeli domain di whois, kemudian pesan web hosting di salah satu layanan web hosting yang bertempat di Jakarta.
Setelah order web hosting selesai, biasanya dikirimkan email berisi akun CPanel hosting, FTP, IP address, dan lain-lain. Di dalam pesannya ditambahkan jika domain dipesan di tempat lain, maka kita perlu seting dengan mengarahkan domain ke server hosting.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengarahkan domain ke server hosting.

Step. 1. Login to control panel

Karena domain ini dipesan di who is maka buka link berikut:
http://manage.whois.com/servlet/LoginServlet?role=customer

URL ini salah satu informasi yang dikirimkan oleh Whois ketika pendaftaran domain dilakukan. Domain bukan hanya bisa didafatarkan lewat who is, banyak layanan web site sejenis penyedia jasa pemesanan domain.

Login dengan username (Email) dan password ketika mendaftar domain.



Step 2. Change Name Server

Masuk ke menu Domain->Name Server. Secara default, Name Server diisi dari 1 sampai 4, dengan ns1.whois.com sampai dengan ns4.whois.com. Hapus semuanya lalu masukkan dengan name server dari web hosting. Name server hosting biasanya dikirimkan oleh pihak web hosting ketika pesanan web hosting berhasil dilakukan atau jika tidak hubungi admin web hosting. Isi Name Server sesuai dengan Name Server yang dimiliki oleh web hosting.



Step 3. Manage DNS

Ke menu DNS lalu klik Manage DNS.


Di menu A Record, tambahkan nama domain seperti di bawah. Satu tanpa www dan satu lagi dengan www di bagian depan dari domain.


Step 4. Child Name Server

Agar bisa dipanggil jika menggunakan www maka perlu di setting lewat menu Child Name Servers seperti terlihat di bawah.



Step 5. Selesai

Web site Anda sudah bisa diakses dengan domain, test akses dengan http://websaya.com dan http://www.websaya.com.

Oleh: Harkat C. Zamasi (harkatchrist@gmail.com)
November 16, 2010

No comments: