Monday, June 13, 2011

Error PHP - It is not safe to rely on the system's timezone settings

Setelah beberapa lama happy coding menggunakan php, saya coba upgrade versi php saya dengan versi 5.3.6. Namun ketika saya jalankan semua aplikasi web yang sebelumnya baik-baik saja, tiba-tiba muncul banyak warning error seperti berikut:

Warning: date() [function.date]: It is not safe to rely on the system's timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected 'Asia/Krasnoyarsk' for '7.0/no DST' instead in I:\web\payroll\include\footer.php on line 14

Solusinya adalah timezone di php ini harus diset, dimana di versi sebelumnya secara default tidak diset. Cari php.ini, kemudian di baris date.timezone buang tanda titik-koma dan isikan value timezonenya seperti di bawah:

date.timezone = "Asia/Dhaka"

Timezone yang saya menggunakan "Asia/Dhaka", kemudian simpan perubahan pada php.ini, lalu restart apache. Setelah itu maka aplikasi web jalan normal kembali tanpa warning error seperti di atas.

No comments: