Friday, November 9, 2007

Menjalankan Web Service Sekaligus di Komputer yang Sama

Kita mau agar di komputer kita jalan dua web service sekaligus menggunakan IIS dan Apache. Biasanya default kedua web service ini menggunakan port 80 sehingga kalau dijalankan bersamaan tentunya bentrok, jadi salah satunya harus mengalah dalam arti servicesnya distop. Cara ini agak repot, nah supaya dua-duanya bisa jalan sekaligus portnya harus dibedakan, misalnya untuk IIS tetap 80, apache (dalam artikel ini penulis menggunakan xampp-win32-1.6.4) kita ganti jadi port 81.
Caranya bagaimana? Berikut langkah-langkah singkatnya.

1. Cari file httpd.conf di folder conf tempat xampp diinstall, dalam contoh ini diinstall di C:\Program Files\xampp\apache\conf\httpd.conf
2. Buka dengan notepad atau editor yang lain.
3. Cari line code Listen 80 (atau tekan Ctrl+F) maksudnya adalah kita mau ubah port 80 menjadi 81, ubah Listen 80 jadi Listen 81
4. Cari line code ServerName localhost:80 (atau tekan Ctrl+F), ubah menjadi ServerName localhost:81
5. Restart apache dari XAMPP Control Panel Application, dari Start->All Programs -> apachefriends->xampp->CONTROL XAMPP SERVER PANEL.
6. Masuk ke web browser ketikkan http://localhost:81 di address bar, kalau bisa berarti setingannya sudah benar. Sekarang di komputer anda sudah bisa menggunakan IIS dan apache bersamaan.

2 comments:

V_Ter_Gates said...

Tetep ga bisa mas xamppnya masih membuka port yang 80.......

V_Ter_Gates said...

Tetep ga bisa mas xamppnya masih membuka port yang 80.......