Saturday, November 10, 2007

Senang bisa membantu rekan2 hanya dengan Pivot table

Seminggu ini di kantor saya rekan-rekan lagi sibuk persiapan annual report.
Waduh kok internet lambat banget yah, gw lagi download data nih lama banget…

Ops.. kok USB gw gk kedetek yah.. tadi lagi kopi data tapi tiba-tiba hank.. padahal rencanya mau ngerjain di rumah
Kok totalnya gk balance yah dengan data yang bulan kemarin.
Kayaknya harus begadang lagi nih, report saya belum kelar-kelar.
Dll..



Akhirnya salah satu dari rekan minta Bantu ke saya,

Rekan : kat bisa minta Bantu gk, bisa gk kalau datanya diambil langsung reportnya seperti ini.

Gw : Bisa aja, datanya mau ambil dari tahun kapan sampai tahun kapan.. …

Udah gitu.. tinggal main query aja tekan F5 tunggu beberapa detik datanya udah tampil, tinggal dicopy-paste di excel lalu dibuat pakai pivot table. Nah, udah nih laporannya dibuat seperti apa modelnya, bebas mau apa saja.

Pas rekan2 lihat…
Rekan : nah yang ini nih yang saya mau.. kalau begini bisa gk..
Gw : Bisa..
Rekan : Iss.. mantep.. klo yg ini bisa gk.
Gw: Bisa..
Rekan : Wah.. yang ini nih.. kok gk dari kemarin yah.. gw udah capek2 buat manual udah beberapa hari. Ini tinggal sekejap jadi apa yang kita mau.
Kalau mau buat chart/grafik bisa gk?
Gw: Bisa.. mau grafiknya seperti apa.. bisa aja
Rekan : Wah.. mantep.. . thanks kat.. ntar saya traktir yah hahaha….akhirnya saya bisa pulang cepat hari ini, saya bisa bernafas lega.. haha..

Rekan + gw : Haha………………

Pivot table diajarin oleh dosen gw hampir dua tahun lalu, terasa juga gunanya. Saya senang ilmu saya bisa dipakai.. Saya bisa membantu rekan2 hanya dengan Pivot table hari ini.

No comments: